5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang


5 Jenis Virus Android yang Paling Sering Menyerang - Sebagai sebuah OS yang menggunakan bahasa pemrograman Linux, Android juga tidak terlepas dai ancaman virus dan malware. Seiring semakin berkembangnya OS Android virus yang menyerang operating system buatan Google ini juga semakin bervariasi. Sebuah perusahaan antivirus yang mengeluarkan aplikasi antivirus untuk platform Android, Sophos, mengemukakan sebuah penemuan tentang malware Android. Sophos telah merekap semua data yang mereka peroleh dari aplikasi produk antivirus mereka yang terpasang pada perangkat Android di 118 negara di dunia. Dari hasil rekap data yang masuk tersebut Sophos mengemukakan 5 macam malware yang paling banyak menyerang perangkat Android di 118 negara tersebut. Apa saja kelima macam malware itu? Berikut penjelasan selengkapnya.

Virus Android


1. Andr/PJApps-C.
Virus ini termasik kedalam tipe Trojan. Ketika antivirus Sophos mendeteksi sebuah aplikasi terkena malware ini, berarti aplikasi tersebut telah di-crack menggunakan tool cracker yang tersedia secara umum. Malware jenis ini tidak terlalu berbahaya.

2. Andr/BBridge-A.
Virus ini termasuk kedalam kelompok Trojan. Juga dikenal sebagai BaseBridge. Virus ini menggunakan previlege escalation untuk menyusup kedalam sistem dan kemudian meng-install aplikasi berbahaya kedalam perangkat Android. Malware ini mengunakan protokol HTTP untuk berhubungan dengan pusat server dan kemudian mengirimkan informasi berharga yang terdapat pada perangkat Android yang diserangnya. Bahayanya lagi malware ini bisa mengirim dan membaca SMS. Malware ini akan men-scan SMS yang masuk dan menghilangkan peringatan bahwa kita telah dikenakan biaya pengunaan SMS premium.


3. Andr/BatteryD-A.
Malware ini juga termasuk Trojan memiliki nama lain Trojan.AndroidOS.FakeDoc.b. Malware ini kan membuat aplikasi "Battery Doctor" yang memberitahukan bahwa aplikasi ini akan menghemat penggunaan baterai pada perangkat Android yang diserangnya. Akan tetapi sebenarnya aplikasi ini akan mengirimkan informasi mengenai perangkat Android yang diserangnya dan mengirimnya ke server pusat mengunakan HTTP. Malware ini juga menyebabkan munculnya banyak iklan saat membuka aplikasi.

4. Andr/Generic-S.
Malware ini termasuk dalam kategori Malicious behavior. Malware ini juga memiliki kemampuan untuk mengirimkan SMS premium tanpa sepengetahuan pemilik perangkat Android yang diserangnnya.

5. Andr/DrSheep-A.
Malware ini termasuk dalam kategori Trojan. Malware ini memiliki kemampuan untuk mengbajak (hack) akun Twitter, Facebook, dan LinkedIn yang aktif pada perangkta Android yang diserangnya. Malware ini memiliki nama lain HackTool.AndroidOS.DroidSheep.a

sumber: http://nakedsecurity.sophos.com/2012/06/14/top-five-android-malware/

Sebagai pengguna Android kita harus lebih waspada terhadap file-file yang mencurigakan yang muncul secara tiba-tiba di dalam memori perangkat Android kita. Sebagai tindak pencegahan alangkah baiknya kita memiliki aplikasi antivirus untuk mencegah serangan dari malware-malware yang bisa datang dari mana saja. Kami juga pernah membahas tentang beberapa aplikasi Antivirus yang cukup ampuh untuk melindungi perangkat Android kita. Sobat dapat melihatnya pada postingan "Download Antivirus Android Free". Demikian ulasan kami tentang 5 Jenis Virus Android yang Paling Banyak Menyerang.

0 komentar:

Posting Komentar